Minggu, 08 Februari 2009

sekejab waktu

     Kemarin aku merenung sendiri dalam gelap,saat itu aku pandangi wajah damai istriku dalam lelapnya ya....baru tadi malam aku melihat istriku begitu asyik dengan mimpinya setelah beberapa hari lalu mengernyitkan dahi karena sakit yang  tak terkira diperutnya,aku merasai betapa indah wajah istriku,
      dalam perenunganku aku melambaikan hati memuja pada sang hyang suksma memohon belasnya untuk hatiku yang rapuh.untuk jiwa istriku yang lelah "wahai sang penguasa hati tatapkan jiwaku agar selalu bersamamu didalam sepi dan gundahku karena begitu berat permainan yang sedang kau mainkan kepadaku aku terkoyak wahai sang hyang suksma, aku terkoyak dalam diam, raih tangan ku, ajak aku berkeliling negri memandangi indah pujamu sampai tercipta nuansa pada hatiku biar tak lepas aku menjerumuskan diri dalam kehampaan ini",dan samar kudengar suara dalam hati ini menyambutku "Aku tak pernah melepasmu dalam genggamanku namun mengapa kau selalu mengkoyak tangan ini hingga serasa berat aku menggandeng hatimu ?", dan aku pun terhenyak dalam lamunanku tangiskupun meledak walau tanpa suara , tanpa air mata ya.....karena betapa aku merasai diri teramat sendiri.
     "Bertahanlah wahai hatiku, bertahanlah dalam jiwa jiwa yang tak pernah henti berpuja dalam lantunan syukur yang syahdu meski suara ini begitu lelah"
       ya......aku akan terus berpuja disela keterpurukanku memandangmu menanti janji janji itu hingga aku tak lagi mampu untuk menanti hingga aku taklagi mampu untuk berharap, renunganku terkesiap saat istriku melenguh dalam tidurnya, rupanya ia sedikit terjaga oleh tangisku.
       lalu dibelainya aku dengan tatap matanya yang lelah dan memaksa untuk bertanya padaku, aku mengecup keningnya dan menenangkan hatinya untuk kemudaian dia terlelap lagi, kembali asyik dalam kegelisahannya sendiri dan berkubang di lelap mimpinya, 
      "Wahai sang hyang suksma, jangan biarkan kekasihku merasai apa yang aku rasakan, jaga dia agar selalu tersenyum meski sadar olehku betapa berat ia untuk mencintai aku"
       kemudian kusadarkan rrenungan panjangku sambil bersandar pada tasbih yang lelah berputar, dalam gontai kakiku melangkah menuju kearah cahaya.
        aku memercikan hatiku dengan guyuran air wudlu ku basuh lelah jiwaku dengan doa doa yang tak lagi lantang aku teriakkan,aku menghujamkan doa pada hati yang tengah berpugar dengan sendirinya utnuk kemudian melambai lagi pada sang hyang suksma yang jauh diwangawang namun kurasa begitu dekat meski aku tak pernah bersentuhan padanya,o........betapa rindunya aku untuk merasuk padaNya diam dalm setiap langkahku bersuara ditengah kebisuanku,dan bebuat sesuatu disela kelumpuhanku karena aku yakin KAU wahai sang Hyang Suksma penguasa hidup dan matiku, akan menggerakan aku disetiap detik hari hari permainan ini.
           "kemudian aku tersungkur dan tenggelam disujudku entah untuk berapa lama lagi."
                                                                                                     
                                                                                                    Sidoarjo, 21 Januari 2009
                                                                                                                  02.44 

2 komentar:

  1. setiap insan sudah memiliki lakonya sendiri, layaknya boneka wayang, namun pabila kita ikhlas menerima dan menjalaninya Insya Allah kebahagian sejati yang didamba kan didapatnya, amin.

    BalasHapus